Ketua STKIP Muhammadiyah Enrekang dan Kepala KUI Hadiri Pembukaan KKN Internasional di Songklah, Thailand



THAILAND,— International Community service dan Internship Program antara Indonesia dan Thailand dalam bentuk Kuliah  Kerja Nyata (KKN) Internasional yang berpusat di Songklah, Thailand dibuka, Selasa (6/10/2018).

Opening Ceremony and MoU of International Teaching Practice Program yang dihadiri peserta dari Indonesia, termasuk STKIP Muhammadiyah Enrekang dan Unismuh Sukabumi dan delapan perguruan tinggi lainnya serta beberapa asosiasi dari Thailand. Khusus dari STKIP Muhammadiyah Enrekang hadir Drs. Yunus Busa, M.SI (Ketua STKIP Muhammadiyah Enrekang) dan Mustakim, S.Pd., M.Pd. (Kepala KUI-STKIP Muhammadiyah Enrekang).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Rektor of Hatyai University-Thailand,  turut dihadiri, Mr. Sawas Payayam (President Muslim Association of Krabi), President Private School at Special Zone Association of Songkhla-Thailand dan President Association of the Private Schools Confederation of Southern-Thailand, serta Undangan lainnya dari Thailand.

Kegiatan MoU ini dilaksanakan dalam rangka untuk mensukseskan visi mulia STKIP Muhammadiyah Enrekang dan memperkuat rekognisi internasional dan mengantisipasi persaingan global. Tim STKIP Muhammadiyah Enrekang juga melakukan kerjasama dengan Muslim Association of Krabi, Thailand,

Dalam Naskah MoU ini, tertuang wujud kerjasama dalam bentuk edukasi dan gagasan bernuasa internasional dan implementasinya. Diakui Ketua KUI (Mr. Kim) dan sekaligus koordinator Program KKN-Magang Internasional STKIP Muhammadiyah Enrekang, bahwa program ini menjadi langkah awal bagi Mahasiswa STKIP Muhammadiyah untuk memperluas peluang dan memperoleh wawasan global.

“Program ini sebenarnya merupakan agenda dan gagasan  KUI STKIP Muhammadiyah Enrekang untuk memberikan pengalaman internasional bagi mahasiswa (student movement),” jelasnya, Kamis (8/10/2018).

Sebelumnya diberitakan bahwa Mahasiswa STKIP Muhammadiyah Enrekang yang mengikuti KKN Internasional ditempatkan di Sonkhla-Thailand. Mereka melakukan KKN Internasional yang terintegrasi dengan program Magang tersebut selama 5 bulan. Mereka terdiri atas 1 Mahasiswa (Ima Muslimah)  dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dan 2 Mahasiswa (Fitriani dan Yuliana) dari  Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Dalam program tersebut Mahasiswa (Ima Muslimah) berbagi cerita dalam Opening Ceremony lewat akun FBnya. Mereka tampak antusias menyimak paparan oleh para narasumber. “Hal ini merupakan pengalaman yang luar biasa sekaligus mendebarkan”, jelasnya, Kamis (8/10/2018).

Ditempat terpisah, Kaprodi Pendidikan Bahasa Inggris mengatakan, program KKN dan Magang atau sebutan lainnya merupakan program yang harus ada di perguruan tinggi.  KKN Internasional yang terintegrasi dengan Magang merupakan salah satu program yang berbeda.

Dengan adanya kesepakatan kerjasama internasional yang telah dijalin oleh STKIP Muhammadiyah Enrekang dengan Pihak Muslim Association of Krabi dan asosiasi lainnya di Thailand merupakan kesempatan bagi mahasiswa STKIP Muhammadiyah Enrekang untuk merasakan iklim belajar internasional sangat terbuka atau go global lewat KKN Internasional, Jumat (9/10/2018). iis.


Komentar Pengunjung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *