Pembekalan Magang Mahasiswa STKIP Muhammadiyah Enrekang



Pembekalan Magang Mahasiswa STKIP Muhammadiyah Enrekang

Ummaspul.ac.id, Enrekang — Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Enrekang gelar pembekalan Magang I dan Magang III yang bertempat di Aula Kampus II STKIP Muhammadiyah Enrekang, Kamis, 7/2/2019..

Pembekalan magang ini akan dilaksanakan selama 2 hari. Pembekalan untuk Magang I dilaksanakan pada hari ini (Kamis, 7 Februari 2019), sedangkan untuk Magang III dilaksanakan hari Jumat besok, 8 Februari 2019.

Magang sendiri merupakan kegiatan belajar sambil melakukan (learning by doing) dalam rangka pembentukan pengetahuan, keterampilan, dan sikap mahasiswa dengan tujuan membentuk pengetahuan, keterampilan, dan sikap profesional mahasiswa sebagai calon pendidik dan tenaga kependidikan.

Untuk program Magang I secara khusus bertujuan untuk membangun landasan jati diri pendidik dan tenaga kependidikan dan memantapkan kompetensi akademik kependidikan melalui pengamatan langsung kultur lembaga (sekolah/instansi) dan melakukan pengamatan langsung terhadap proses pembelajaran di kelas.

Adapun Magang III bertujuan memberikan pengalaman langsung pada proses pembelajaran dengan menjadi asisten guru/pamong belajar, serta melaksanakan tugas-tugas pendampingan peserta didik dan kegiatan ekstra kurikuler.

Pembekalan magang ini diikuti ratusan mahasiswa dari Program Studi Bimbingan Konseling, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, Pendidikan Luar Sekolah, dan Pendidikan Bahasa Inggris.

Program magang kali ini dilaksanakan di dua tempat yang berbeda yaitu Kabupaten Pinrang dan Kabupaten Enrekang. Magang I difokuskan di Kabupaten Pinrang sedangkan Magang III dilaksanakan di Kabupaten Enrekang selama 6 pekan.

Magang I dilaksanakan selama dua pekan dan untuk Magang III dilaksakan selama 6 pekan atau sebulan lebih, ungkap Mulyadi, M.Pd. selaku Ketua UPT Magang.

Seremoni pembekalan magang dibuka langsung oleh Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan, Saidang, S.Pd M.Si.

Dalam sambutanya Saidang mengatakan bahwa magang merupakan program wajib yang mesti diikuti oleh seluruh mahasiswa. Kalau di kampus lain kita hanya mengenal tridarma perguruan tinggi, maka kalau di kampus Muhammadiyah bertambah satu catur darma yakni Al-Islam dan Kemuhammadiyahan.

Saya mengharapkan kepada seluruh mahasiswa yang akan melaksanakan magang agar mengikuti kegiatan ini secara sungguh-sungguh. Jangan lupa dharma Al Islam dan Kemuhammadiyahan agar diamalkan di lokasi magang, tentunya selain 3 dharma yang lain, tukasnya. (qr)*


Komentar Pengunjung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *