Mengapa Harus Memilih Kuliah Di STKIP Muhammadiyah Enrekang?



Mengapa Harus Memilih Kuliah Di STKIP Muhammadiyah Enrekang?

Oleh
Baharuddin, S.Pd.,M.Pd.
(Kepala Promosi dan Penerimaan Mahasiswa Baru)

Belajar merupakan suatu kewajiban, belajar adalah obat penyembuh atas segala penyakit. Karena proses belajarlah penyakit kebodohan dapat tersembuhkan. Cerdaskanlah dirimu melalui proses pembelajaran. Belajar (baca: menuntut ilmu) adalah kewajiban bagi setiap umat muslim (laki-laki dan perempuan), demikian pesan hadits dari Sang Nabi Agung, Rasulullah Muhammad Shallallahu `Alaihi Wasallam.

Iqra, bacalah. Iqra, telitilah. Iqra, analisislah. Iqra, pahamilah. Demikianlah pesan tersirat dari utusan pembawa wahyu Malaikat Jibril ketika pertama kali menjumpa sang manusia pilihan, Nabiullah Muhammad Shallallahu `Alaihi Wasallam. Penekanan pada anjuran membaca (iqra) yang berulang-ulang mengindikasikan betapa pentingnya melakukan pembacaan bagi kita sebagai insan ciptaan-Nya. Hanya melalui proses pembacaanlah seorang hamba mampu mengenal pencipta-Nya.

Belajar dapat dilakukan dimana saja, dalam ruang formal maupun di alam terbuka. Melalui pendidikan formal, jalur nonformal pun jalur informal. Pada jenjang dasar, menengah hingga perguruan tinggi. Variatif namun satu tujuan, mencerdaskan kehidupan bangsa.

STKIP Muhammadiyah Enrekang sebagai salah satu lembaga pendidikan yang diamanahkan oleh konstitusi untuk memcerdaskan anak bangsa merasa bertangunga jawab dalam mewujudkan tujuan mulia tersebut. Keberadaan STKIP Muhammadiyah Enrekang kiranya menjadi jawaban atas tuntutan tingginya kebutuhan pendidikan tinggi saat ini.

Sebagai satu-satunya perguruan tinggi di Kabupaten Enrekang, STKIP Muhammadiyah Enrekang sedang berbenah menjadi perguruan tinggi yang mampu memberikan kontribusi yang positif bagi warga Massenrempulu dan warga negara Indonesia pada umumnya. Salah satu wujud usaha tersebut yakni dengan membuka program studi baru sejak tahun 2014 dan tahun 2015.

Atas usaha yang sungguh-sungguh oleh sivitas akademika STKIP Muhammadiyah Enrekang dan semua stakeholder, maka pada pertengahan tahun 2014 STKIP Muhammadiyah Enrekang berhasil membuka 2 program studi baru yakni, Pendidikan Bahasa Inggris (S1) dan Bimbingan Konseling (S1).

Sejak resmi memperoleh izin operasional, STKIP Muhammadiyah Enrekang langsung menerima mahasiswa baru untuk program studi Pendidikan Bahasa Inggris dan Bimbingan Konseling. Sambutan masyarakat terhadap dibukanya dua program studi tersebut pun cukup menggembirakan, terlihat dari tingginya animo masyarakat untuk mendaftar sebagai calon mahasiswa baru untuk tahun pertama.

Melihat harapan masyarakat yang cukup besar terhadap beberapa program studi pilihan, maka STKIP Muhammadiyah Enrekang kembali berupaya mengusulkan dua program studi lainnya yang banyak diminati oleh masyarakat yaitu Pendidikan Matematika dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Dan Alhamdulillah, setelah melalui proses yang cukup panjang, pada bulan Maret 2015, kedua program studi tersebut pun mendapat izin operasional dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Walhasil praktis pada saat memasuki tahun akademik 2015/2016, STKIP Muhammadiyah Enrekang secara resmi sudah memiliki 5 program studi, antara lain: Pendidikan Luar Sekolah (yang merupakan program studi lama), Pendidikan Bahasa Inggris, Bimbingan Konseling, Pendidikan Matematika dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).

Melihat geliat dan kesungguhan sivitas akademika STKIP Muhammadiyah Enrekang dalam mengembangkan institusinya, Pemerintah Daerah Kabupaten Enrekang (Pemda Enrekang) pun memberikan dukungan dan respon yang sangat positif. Setelah melalui komunikasi kelembagaan dengan pihak Pemda Enrekang, pada tahun 2015, melalui APBD, Pemda Enrekang memberikan dana hibah sejumlah 1 Milyar untuk pembangunan gedung 5 lantai STKIP Muhammadiyah Enrekang.

Dana stimulan dari Pemda Enrekang untuk pembangunan lantai I gedung perkuliahan kemudian oleh pihak internal STKIP Muhammadiyah Enrekang dilanjutkan dengan menggunakan dana mandiri. Pembangunan gedung kuliah STKIP Muhammadiyah Enrekang yang menelan biaya yang cukup besar mengharuskan pihak STKIP Muhammadiyah Enrekang kembali mengusulkan dana hibah kepada Pemda Enrekang sehingga pada tahun 2017, Pemda Enrekang kembali memberikan dana hibah sejumlah 1 Milyar.

Bahkan tidak sampai disitu, pada tahun 2019 ini, masih melalui APBD, Pemda Enrekang untuk ketiga kalinya akan memberikan bantuan dana hibah sejumlah 3,5 Milyar untuk penyelesaian pembangunan gedung kuliah STKIP Muhammadiyah Enrekang.

Seiring dengan tersedianya fasilitas perkuliahan, jumlah mahasiswa STKIP Muhammadiyah Enrekang dari tahun ke tahun pun semakin bertambah. Sebagai contoh, pada tahun akademik 2018/2019, jumlah mahasiswa baru mencapai 200 orang lebih untuk lima program studi yang ada.

Tahun ini, kembali STKIP Muhammadiyah Enrekang akan menerima mahasiswa baru untuk tahun akademik 2019/2020. Adapun penerimaan mahasiswa baru untuk lima program studi, yaitu:
1. Pendidikan Luar Sekolah (S1); Akreditasi B
2. Pendidikan Bahasa Inggris (S1); Akreditasi C
3. Bimbingan Konseling (S1); Akreditasi C
4. Pendidikan Matematika (S1); Akreditasi C
5. Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1); Akreditasi C

Semua program studi sudah Terakreditas oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT), bahkan Program Studi Pendidikan Luar Sekolah sudah Terakreditasi B. Adapun jadwal penerimaan mahasiswa baru pada Tahun Akademik 2019/2020 adalah sebagai berikut:

1. PENDAFTARAN GELOMBANG I : 16 April – 16 Juli 2019
Tes Seleksi : 17 Juli 2019
Pengumuman Hasil Tes : 19 Juli 2019

2. PENDAFTARAN GELOMBANG II : 20 Juli – 18 Agustus 2019
Tes Seleksi : 19 Agustus 2019
Pengumunan Hasil Tes : 21 Agustus 2019

3. PENDAFTARAN GELOMBANG III : 22 Agustus – 09 September 2019
Tes Seleksi : 10 September 2019
Pengumunan Hasil Tes : 11 September 2019

Pendaftaran dilakukan secara online melalui: http://pmb.ummaspul.ac.id

PENDAFTARAN ULANG: 20 Juli s/d 17 September 2019

4. BIAYA PENDIDIKAN
I. Pra Semester

1. Pendaftaran : Rp. 300.000,-
2. Pesantren Mahasiswa : Rp. 400.000,- (dilunasi pada saat pendaftaran ulang).
3. Jas Almamater : Rp. 150.000,- (dilunasi pada saat pendaftaran ulang).

II. Biaya Kuliah
1. Biaya Penyelenggaraan Pendidikan (BPP) Rp. 2.000.000,-
(Sekali bayar selama kuliah dan dapat diangsur maksimal 3 kali).

2. Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP)
a. Pendidikan Nonformal (PNF) : Rp. 1.300.000,-
b. Pendidikan Matematika : Rp. 1.300.000,-
c. Pendidikan Bahasa Inggris : Rp. 1.300.000,-
d. Bimbingan Konseling : Rp. 1.950.000,-
e. Pendidikan Guru Sekolah Dasar : Rp. 1.950.000,-

3. Biaya Ujian Tengah Semester (UTS) : Rp. 75.000,-
4. Biaya Ujian Akhir Semester (UAS) : Rp. 75.000,-

Contact Person:
(1) Baharuddin, S.Pd.,M.Pd. (0853 4363 3691), (2) Masnah, S.Pd. (0852 4009 5554), (3) Sumiati, ST (0813 4381 3882).

STKIP Muhammadiyah Enrekang dalam upaya memaksimalkan pelayanan pada pendidikan tinggi telah memberikan kemudahan-kemudahan kepada calon mahasiswa baru dengan maksud agar semua lapisan masyarakat dapat mengakses pendidikan tinggi. “Pendidikan adalah hak setiap warga negara”, demikian prinsip dasar yang harus dipahami oleh setiap lembaga pengelola pendidikan, termasuk STKIP Muhammadiyah Enrekang.

Tahun ini (tahun akademik 2019/2020), pada proses penerimaan mahasiswa baru, STKIP Muhammadiyah Enrekang akan membebaskan biaya formulir (gratis) kepada para calon mahasiswa baru. Selain itu untuk meringankan biaya pendidikan, UPT Promosi dan Penerimaan Mahasiswa Baru juga membuka beberapa jalur beasiswa untuk para calon mahasiswa baru. Jalur-jalur tersebut antara lain:
1. Jalur Prestasi
Jalur Prestasi diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang pada saat duduk dibangku SMA/SMK/MA mendapatkan peringkat I, II, dan III. Bagi mereka akan dibebaskan SPP sebesar 70 persen untuk rangking I, 50 persen untuk rangking II, dan 25 persen untuk rangking III selama kuliah di STKIP Muhammadiyah Enrekang. Adapun syaratnya adalah melampirkan foto copy raport dan rekomendasi dari Kepala Sekolah.
2. Jalur Organisasi
Jalur Organisasi diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang pada saat duduk dibangku SMA/SMK/MA menjadi pengurus inti organisasi seperti OSIS, Ikatan Pelajar Muhammadiyah. Pengurus inti yang dimaksud adalah menjadi Ketua Umum, Sekretaris Umum dan Bendahara Umum (atau sebutan lain yang sederajat). Bagi mereka akan dibebaskan SPP sebesar 50 persen selama kuliah di STKIP Muhammadiyah Enrekang. Adapun syaratnya adalah melampirkan foto copy raport, rekomendasi dari Kepala Sekolah dan SK Pengurus Organisasi.
3. Jalur Hafidz/Hafidzah
Jalur Hafidz/Hafidzah diperuntukkan bagi calon mahasiswa penghafal Al-Qur`an. Bagi mereka akan dibebaskan SPP 3 semester bagi penghafal Al-Qur`an 30 Juz, bebas SPP 2 semester bagi penghafal Al-Qur`an 20 Juz, dan bebas SPP 1 semester bagi penghafal Al-Qur`an 1 Juz. Adapun syaratnya adalah melampirkan sertifikat/surat keterangan yang menerangkan tentang kemampuannya menghafal aAl-Qur`an.
4. Jalur Khusus
Jalur khusus diperuntukkan bagi kader-kader Muhammadiyah. Bagi mereka akan dibebaskan SPP selama 2 semester atau 1 tahun. Adapun syaratnya adalah melampirkan Rekomendasi Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) atau Pimpinan Cabang Muhammadiyah, dan syahadah/sertifikat keikutsertaan dalam perkaderan yang diadakan oleh Organisasi Otonom Muhammadiyah.

Jalur-jalur penerimaan calon mahasiswa baru yang ditawarkan oleh STKIP Muhammadiyah Enrekang kiranya menjadi solusi atas maraknya keluhan masyarakat yang tidak bisa mengakses pendidikan tinggi hanya karena faktor biaya.

Bagi warga Massenrempulu atau masyarkat umum yang ingin melanjutkan pendidikannya pada jenjang pendidikan tinggi, kami menghimba agar bergabung bersama kami di STKIP Muhammadiyah Enrekang. Tentu himbauan ini bukan tanpa alasan, dengan memilih kuliah di STKIP Muhammadiyah Enrekang akan memberikan memberikan manfaat-manfaat sebagai berikut:
1. Mendorong laju pertumbuhan ekonomi masyarakat Kabupaten Enrekang, karena biaya yang dikeluarkan untuk pendidikan akan berputar di Kabupaten Enrekang.
2. Membantu menekan laju urbanisasi lulusan SLTA dari Enrekang ke Kota.
3. Menghemat pembiayaan pendidikan karena jarak dan biaya pendidikan yang terjangkau jika kuliah di STKIP Muhammadiyah Enrekang.
4. Para mahasiswa dapat membiayai sendiri kuliahnya tanpa membebani orangtua karena mahasiswa dapat mencari nafkah sendiri (bertani, berternak, dll) di luar waktu-waktu kuliah.
5. Orang tua mudah mengawasi dan mengontrol pergaulan putra dan putrinya karena kampusnya dekat di Enrekang.

Selain manfaat-manfaat yang dikemukakan di atas. Perlu juga kami sampaikan bahwa STKIP Muhammadiyah Enrekang saat ini juga sedang berbenah menjadi perguruan tinggi yang lebih besar, yakni Universitas. Saat ini kami sedang mengajukan 5 program studi baru jenjang sarjana (S1) sebagai syarat perubahan bentuk menjadi universitas. Adapun program studi yang akan sementara diusulkan adalah (1) Agroteknologi, (2) Sains Pangan, (3) Teknik Sipil, (4) Bio Kewirausahaan serta (5) Perpustakaan dan Sains Informasi. Semua program studi ini merupakan program studi yang prospek dan peluang kerja yang besar di masa yang akan datang.

Kuliah, Pilihlah STKIP Muhammadiyah Enrekang
“Kampus Cerdas, Mencerahkan”

Enrekang, 18 Juni 2019


Komentar Pengunjung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *