Kembali Pulang, Mahasiswi Magang/KKN Internasional Di Thailand Selatan Berbagi Pengalaman



Kembali Pulang, Mahasiswi Magang/KKN Internasional Di Thailand Selatan Berbagi Pengalaman

Ummaspul.ac.id, Enrekang – Mahasiswa STKIP Muhammadiyah Enrekang yang mengikuti program Magang/KKN Internasional Batch I beberapa waktu lalu di Thailand Selatan telah kembali pulang ke tanah air (Enrekang-Indonesia, red).

Adalah Ima Muslimah, mahasiswi Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, dan Yuliana serta Fitriany dari mahasiswi Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar telah menyelesaikan program Magang/KKN Internasionalnya selama 5 bulan terhitung sejak November 2018 hinggan Maret 2019.

Untuk membagi pengalamannya selama mengikuti program Magang/KKN Internasional di Thailand, ketiga mahasiswi tersebut menggelar kegiatan yang dikemas dengan nama “Best Practice” di Aula Hotel Rahmat, Senin, 08 April 2019.

Dihadapan para Pimpinan STKIP Muhammadiyah Enrekang dan ratusan mahasiswa, ketiganya dengan penuh antusias membeberkan pengalamannya terkait program Magang/KKN Internasional yang mereka ikuti.

Program ini sungguh luar biasa, kami sangat bersyukur dengan adanya program ini. Kepada Ketua STKIP Muhammadiyah Enrekang dan Mr. Mustakim selaku Kepala Kantor Urusan Internasional kami mengucapkan terima kasih atas usahanya sehingga program ini terlaksana, ungkap Fitriany yang tampil sebagai presenter pertama.

Begitu banyak pengalaman yang kami dapatkan selama mengikuti program ini, dan saya berharap sekali agar pengalaman ini bukan hanya kami yang merasakan tetapi juga teman-teman mahasiswa semua, tambahnya.

Oleh karena itu, lanjut Fitriany, tahun ini dan tahun-tahun selanjutnya kiranya lebih banyak lagi mahasiswa dari STKIP Muhammadiyah Enrekang yang bisa mengikuti jejak kami.

Senada, Yuliana juga menyampaikan testimoninya agar para mahasiswa dari STKIP Muhammadiyah Enrekang  berkenan mengikuti program Magang/KKN Internasional.

Tujuan program ini, bukan hanya tentang akademik semata teman-teman tetapi juga untuk tujuan traveling, cukup banyak waktu kami untuk refreshing selama mengikuti program ini. Berkat program ini, akhirnya kami bisa menginjakkan kaki di luar negeri, misalnya Bangkok, ibukota Thailand begitu pula dengan Malaysia, tandasnya.

Bahkan menurut Yuliana semester ini cukup luang waktu yang mereka habiskan untuk sekedar keliling-keliling atau jalan-jalan karena di Thailand memang semester genap selesainya di awal bulan Maret.

Tidak jauh berbeda, Ima Muslimah juga membakar motivasi para mahasiswa STKIP Muhammadiyah Enrekang agar memanfaatkan setiap peluang yang ada di depan matanya, seperti program Magang/KKN Internasional yang baru saja diikutinya.

Jangan karena pertimbangan materi lantas membuat langkah kita terhenti atau mimpi jadi terkubur, tidak ada yang mahal karena sejumlah uang yang kita keluarkan tidaklah sebanding dengan ilmu dan pengalaman yang kita dapatkan, tegasnya.

Beranilah bermimpi, dream: take and doing, sambung Ima penuh semangat.

Ima yang lokasi Magang/KKNnya ditempatkan di Khampheewittaya School menyampaikan bahwa untuk bisa mendapatkan pengalaman berharga dan ilmu baru ini memang butuh pengorbanan dan juga persiapan yang matang apalagi jika memasuki suatu kawasan yang berbeda secara secara kultural dengan masyarakat kita.

Terus terang saja, saya hampir pulang dan meninggalkan program ini, penyebabnya karena saya merasa hidup dalam keterasingan selama bulan pertama, rasanya ingin pulang saja, tapi untungnya bisa saya atasi dan tidak jadi pulang, he..he. mungkin itulah yang namanya shock culture, ucap Ima dengan nada gurauan.

Sebagai kesinambungan dari program yang sudah dirintis ini, Kepala Kantor Urusan Internasional STKIP Muhammadiyah Enrekang, Mustakim, M.Pd. menyampaikan bahwa pihaknya kembali akan mengirimkan mahasiswa Magang/KKN International ke Thailand untuk Batch II.

Alhamdulillah, sejak bulan Maret kemarin pendaftaran untuk Magang/KKN Internasional Batch II sudah di buka dan Insya Allah mendaftarannya masih terbuka hingga bulan Mei mendatang, ungkap Mustakim disela-sela kegiatan Best Practice.

Bahkan menurut Mr. Kim, sapaan akrab Mustakim, mulai tahun ini bukan hanya negara Thailand yang dituju sebgai lokasi Magang/KKN Internasional tetapi juga sudah merambah ke negeri jiran Malaysia.

Drs, Yunus Busa, M.Si. selaku Ketua STKIP Muhammadiyah Enrekang yang hadir menyaksikan presentasi para peserta Magang/KKN Internasional di Thailand menyampaikan kesyukurannya atas usaha para mahasiswinya melambungkan STKIP Muhamadiyah Enrekang ke kancah internasional.

Berkat mahasiswa kita ini, STKIP Muhammadiyah Enrekang di kenal di Thailand. Dan ini tentu saja sangat menguntungkan sebagai upaya untuk mensosialisasikan institusi kita, bahkan di salah satu sekolah tempat mahasiswi kita Magang/KKN, sudah berencana untuk mengirimkan calon lulusannya untuk lanjut kuliah di STKIP Muhammadiyah Enrekang, tegas Yunus.

Yunus menambahkan, untuk calon peserta Magang/KKN Internasional Batch II yang rencananya akan diberangkatkan pada bulan November 2019 mendatang pihaknya akan memberikan pembekalan yang matang sebelum bertolak ke luar negeri, utamanya tentang kesiapan mentalnya, kemampuan komunikasi dengan multibahasa, kerjasama, serta tidak kalah pentingnya adalah kemampuan Baca Tulis Al-Qur`an.

Kegiatan Best Practice ditutup dengan penyerahan piagam penghargaan kepada peserta Magang/KKN Internasional Batch I oleh Wakil Sekretaris Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Selatan, Dr. Ir. Rakhim Nanda, M.T, Ketua STKIP Muhammadiyah Enrekang, Drs. Yunus Busa, M.Si dan Kepala Kantor Urusan Internasional, Mustakim, M.Pd. (ryd)*


Komentar Pengunjung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *