Buruan, Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru STKIP Muhammadiyah Enrekang Sudah Dibuka



Buruan, Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru STKIP Muhammadiyah Enrekang Sudah Dibuka

Ummaspul.ac.id, Enrekang Memasuki Tahun Akademik 2019/2020, STKIP Muhammadiyah Enrekang kembali membuka pendaftaran bagi calon mahasiswa baru. Pendaftaran secara resmi di mulai per tanggal 16 April 2019 lalu.

Penerimaan mahasiswa baru tahun ini dilakukan dalam 3 tahap yaitu Gelombang I (16 April – 16 Juli 2019), Gelombang II (20 Juli – 18 Agustus 2019), dan Gelombang III (22 Agustus – 09 September 2019.

Sejak resmi dibuka pada 16 April lalu hingga hari ini (Rabu, 24 April 2019) formulir yang sudah keluar sudah mencapai 149 eksamplar, sebagaimana disampaikan oleh Azkiah Mardan, S.ST salah satu Panitia Penerimanaan Mahasiswa Baru saat dihubungi via WhatsApp.

“Jumlah formulir yang keluar sudah mencapai 149 eksamplar”, ucap Azkiah singkat.

Sementara itu, Ketua UPT Promosi dan PMB, Baharuddin, S.Pd.,M.Pd. menjelaskan bahwa penerimaan mahasiswa baru tahun ini melalui beberapa jalur.

“Tahun ini ada 3 jalur penerimaan calon mahasiswa baru, antara lain, jalur umum, jalur prestasi dan jalur khusus” ungkapnya.

Jalur umum, lanjut Baharuddin yaitu jalur yang secara umum ditempuh oleh mayoritas calon mahasiswa yaitu melalui seleksi dan apabila dinyatakan lulus akan membayar kewajibannya secara normal.

Adapun jalur prestasi, adalah jalur yang diperuntukan bagi calon mahasiswa yang berprestasi saat masih duduk di bangku Sekolah Menengah. Prestasi ini dibuktikan dengan nilai rapor ataupun sertifikat.

Sedangkan jalur khusus, masih menurut Baharuddin, yaitu jalur yang terbagi dalam tiga kategori yaitu Rekomendasi dari Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM), mantan pengurus inti Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) atau Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM), serta jalur Penghafal Al Qur`an atau hafidz.

Baik jalur prestasi maupun jalur khusus akan diberikan keringan dalam pembiayaan pendidikan selama kuliah di STKIP Muhammadiyah Enrekang. Misalkan calon mahasiswa yang memiliki Rekomendasi PCM akan dibebaskan SPP selama 2 semester atau satu tahun. Demikian halnya dengan jalur penghafal Al Qur`an akan dibebaskan SPP pada beberapa semester bergantung berapa juz hafalannya.

Menurut Baharuddin, ada juga keringan lain yang diberikan kepada calon mahasiswa baru yaitu akan dibebaskan biaya pendaftaran manakala calon mahasiswa menyertakan rekomendasi dari Kepala Desa/Lurah. Rekomendasi yang dimaksud adalah rekomendasi yang sengaja dikeluarkan oleh Kepala Desa/Lurah kepada calon mahasiswa untuk kuliah di STKIP Muhammadiyah Enrekang. (ryd)*

Info pendaftaran calon mahasiswa baru Tahun Akademik 2019/2020 dapat di download pada link berikut:


Komentar Pengunjung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *